Sabtu, 07 Desember 2019

Mengenal Bahasa Pemrograman Kotlin pada Android Studio

Kotlin merupakan bahasa pemrograman pragmatis untuk JVM dan Android yang mengkombinasikan Object Oriented (OO) dan fitur fungsional dan fokus pada interoperabilitas, keamanan, kejelasan dan dukungan integrasi dengan berbagai tools major. Sebagai bahasa pemrograman dengan tujuan umum, Kotlin bisa berjalan dimanapun layaknya Java. Kotlin bisa digunakan untuk mengembangkan berbagai aplikasi server-side, aplikasi mobile (Android), aplikasi desktop. Apa saja dukungan tools major untuk Kotlin? Ini dia :

  • Intellij IDEA, Android Studio dan Eclipse
  • Maven, Gradle dan Ant
  • Spring Boot (Dukungan terbaru pada rilis ini)
  • Github, Slack dan Minecaft



Salah satu kunci fokus Kotlin sebagai bahasa pemrograman pragmatis adalah interoperabilitas dengan menggabungkan proyek Java + Kotlin. Oleh karena itu, Kotlin membuat adopsinya menjadi lebih mudah untuk koding. Selain itu, Kotlin memiliki library standar yang luas sehingga bisa digunakan untuk pengerjaan tugas sehari-hari dan tetap menjaga ukuran bytecode tetap rendah, hanya 6 byte. Dukungan lainnya adalah berbagai library Java yang bisa digunakan di Kotlin dan sebaliknya.
Developer tidak perlu khawatir proyek Android-nya yang menggunakan Java akan menjadi tidak bisa digunakan ketik ketika menggunakan Kotlin karena Java dan Kotlin bisa digunakan berbarengan. Dan karena Kotlin mirip dengan Java, developer akan dapat dengan mudah bahasa pemrograman Kotlin.

Contoh Kodingan Kotlin

Berikut ini adalah beberapa perbaikan dari Java yang ada di Kotlin:

  • Null reference kini dikontrol oleh type system.
  • Tidak ada raw type
  • Array di Kotlin tidak pernah berubah
  • Kotlin memiliki function type yang layak
  • Use-site variance tanpa perlu wildcard
  • Kotlin tidak memiliki checked exception

Letak pragmatis yang diusung pengembang Kotlin, ada pada desainnya. Keuntungan desainnya, bisa digunakan untuk mencegah bug dan daur ulang kode. Selain interoperabilitas, fokus kedua adalah infrastrukstur. Untuk dukungan infrastukturnya, Kotlin berintegrasi dengan Java, Maven dan Android.

Mengapa JetBrains Menciptakan Kotlin
Pada sebuah postingan blog yang diposting oleh JetBrains tahun 2011 mereka mengemukakan alasan utama mengapa mengembangkan kotlin  yaitu ” Untuk Meningkatkan Produktivitas JetBrains “.
Pada saat itu, tim Jetbrains menulis semua IDE berbasis IntelliJ seluruhnya menggunakan Java. ternyata itu membutuhkan waktu yang banyak untuk mengkompilasinya. Maka untuk meningkatkan produktivitas mereka beralih kebahasa yang lebih ekspresif.

Fitur-fitur Kotlin
Beberapa fitur dan kelebihan kotlin yaitu :

  1. Open Source : Kotlin didistribusikan di bawah Lisensi Apache, Versi 2.0. Kompiler (kompiler Kotlin), plugin IntelliJ IDEA, dan library-library java semuanya open source. 
  2. Easy To Learn : Bahasa Pemrograman Kotlin mudah dipelajari, Hal ini dipengaruhi oleh Java, Scala, Groovy, C #, JavaScript dan Gosu. Belajar Kotlin mudah dilakukan jika Anda sudah familiar dengan salah satu bahasa pemrograman ini. Sangat mudah dipelajari jika Anda mengenal Java.
  3. Safe : Kotlin  menjamin  setiap syntax yang kita tulis secara proses kompilasi dapat mencegah kemungkinan terjadinya error, contohnya mampu mencegah terjadinya NullPointerExceptions ketika kita  menulis kode-kode menggunakan bahasa Java.
  4. Consice and Expressive : Proses kompilasi dan kerumitan pada saat coding menggunakan java  akan berkurang ketika menggunakan kotlin.
  5. Interoperable With Java and Android : Kotlin dapat  membaca kode lama atau library yang kita gunakan saat coding dengan bahasa Java dan begitupun sebaliknya.


Beberapa Perusahaan yang Menggunakan Kotlin
Banyak perusahaan besar yang sudah menggunaan bahasa pemrograman Kotlin untuk mengembangkan aplikasinya, diantaranya yaitu :
apa itu kotlin
 Tampilan aplikasi Evernote

  • Uber : adalah perusahaan transportasi online pertama di dunia. Jadi bukan Gojek atau Grab yang pertama kali mencetuskan ide bisnis menghubungkan antara si pemilik kendaraan dengan penumpang. 
  • Pinterest : adalah layanan virtual pinboard di mana kita bisa mengunggah foto yang dimasukan kedalam kategori-kategori tertentu untuk di custom sesuai namanya. 
  • Netflix : adalah perusahaan penyedia layanan media streaming digital khususnya film dari Amerika Serikat. 
  • Coursera : adalah media pembelajaran kursus online berasal dari Amerika Serikat. 
  • Evernote : adalah aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat atau menyimpan catatan-catatan tertentu di smartphone atau komputer. 
  • dan lainnya 


Kotlin di Masa Depan
Kedepannya kotlin akan digunakan untuk pengembangan :
Apa itu kotlin
Ilustrasi game cross platform

  • Cross-platform Game Development : Mengembangkan game yang bisa digunakan pada berbagai platform seperti Windows, Mac OS, dan Linux. 
  • Cross-platform Mobile Application Development : Mengembangkan aplikasi mobile yang bisa berjalan diberbagai mobile OS seperti Android, iOS, dan lainnya. 
  • Server-side and Microservices
  • Data Analysis and Machine Learning 
  • Embedded System : Arduino/Raspberry Pi to professional controllers directly.


Contoh Coding Bahasa Pemrograman Kotlin
Inilah beberapa contoh-contoh coding yang menggunakan bahasa pemrograman Kotlin.

  • Hello World 

fun main() {
println("Hello World!")
}

  • String 

val name = "Anne"
val yearOfBirth = 1985
val yearNow = 2018
val message = "$name is ${yearNow - yearOfBirth} years old"

  • Loop 

val names = listOf("Anne", "Peter", "Jeff")
for (name in names) {
println(name)
}

Belajar Kotlin
Ada beberapa cara untuk mempelajari bahasa pemrograman Kotlin, di antaranya yaitu secara online, menggunakan command line, atau IDE yang mendukung Kotlin.
Untuk mempelajari secara Offline kita bisa menggunakan IDE Android Studio atau Intellij IDE. Jika ingin belajar dari dasar ada baiknya pelajari di Intellij IDE. Namun jika ingin langsung merasakan membuat aplikasi android (https://badoystudio.com/cara-membuat-aplikasi-android/) menggunakan Kotlin langsung saja pakai Android Studio.

sumber :

  1. https://www.trentech.id/mengenal-bahasa-pemrograman-kotlin/
  2. https://badoystudio.com/belajar-kotlin-1-mengenal-lebih-jauh-bahasa-pemrograman-kotlin/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar