Senin, 14 Januari 2019

“PEMBUATAN APLIKASI KUESIONER EVALUASI BELAJAR MENGAJAR DOSEN MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM PADA POLITEKNIK SEKAYU DENGAN METODE POLLING”

Pada tugas akhir semester 3 ini saya mengambil projek yang berjudul :”Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Dosen Menggunakan Bot Telegram Pada Politeknik Sekayu Dengan Metode Polling”.berikut hasil projek saya :

ABSTRAK 
Politeknik Sekayu merupakan institusi yang bergerak dibidang pendidikan. Program Studi pada Teknik Informatika melakukan kajian tentang proses pembelajaran dengan cara menyebarkan kuesioner evaluasi belajar mengajar untuk diisi oleh setiap mahasiswa.
Pengisian kuesioner yang masih menggunakan kertas serta waktu pengisian kuesioner di saat ujian semester merupakan kelemahan dalam pelaksanaanya. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengatasi permasalahan di atas, untuk itu dibuatlah aplikasi kuesioner evaluasi mengajar belajar menggunakan Bot Telegram. Adapun pembuatan aplikasi kuesioner ini dibangun dengan model proses Waterfall, metode Polling serta menggunakan Bot Telegram API agar aplikasi dapat berjalan melalui pesan  instan Telegram. Dengan dibuatnya aplikasi ini, dapat memudahkan mahasiswa dalam mengisi kuesioner evaluasi belajar mengajar serta memudahkan petugas akademik dalam menghitung hasil kuesioner.

Kata Kunci : kuesioner, Bot Telegram, Waterfall, Polling

Latar Belakang
Perkembangan yang spektakuler di bidang teknologi informasi dan teknologi komunikasi membuat dinamika sosial masyarakat saat ini mengalami perubahan pesat. Hal yang menonjol dalam perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi saat ini adalah banyak sekali munculnya aplikasi pesan instan dengan berbagai pilihan pada smartphone. Telegram sebagai salah satu aplikasi pesan instan yang baru menawarkan berbagai kelebihan dalam fiturnya dibanding aplikasi pesan instan lain.Politeknik Sekayu merupakan institusi yang bergerak dibidang pendidikan. Program Studi Teknik Informatika melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui umpan balik yang diperoleh dari mahasiswa.

Mekanisme umpan balik dari mahasiswa dengan cara menyebarkan kuesioner evaluasi belajar mengajar untuk diisi oleh mahasiswa yang dilakukan setiap akhir semester untuk semua mata kuliah. Sampai saat ini dalam mengolah kuesioner petugas akademik masih menggunakan cara manual yaitu dengan kertas kuesioner. Hal ini berdampak pada penggunaan kertas yang terus menerus dan kurang efektifnya mahasiswa dalam mengisi kuesioner. Kesulitan juga terjadi pada saat perhitungan hasil kuesioner, petugas akademik harus menghitung secara manual tiap kertas kuesioner dalam waktu yang lama. Berdasarkan latar belakang diatas, ditemukan beberapa permasalahan. Dengan dibuatnya aplikasi kuesioner tersebut diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam mengisi kuesioner, mempercepat
perhitungan kuesioner juga semakin mempermudah petugas akademik dalam mengolah data kuesioner.

Metode Pengumpulan Data 
Metode pengumpulan data yang digunakan dantaranya adalah:
1. Studi Kepustakaan (Library search)
Metode Studi Kepustakaan yaitu berupa pengumpulan data-data sekundar dan informasi berdasarkan membaca atau menelaah berbagai literatur-literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang dianggap relevan dengan keadaan saat ini.
2. Pengambilan data secara langsung (Fields search)
Metode pengambilan data ini menggunakan 2 cara yaitu:
a. Observasi Langsung, yaitu teknik pengumpulan data dengan cara mengamati langsung operasi
    maupun prosedur yang berlaku pada objek penelitian.
b. Wawancara (interview), yaitu teknik pengumpulan data dengan mengadakan wawancara dengan 
    pihak-pihak terkait guna mendapatkan data-data serta keterangan yang dibutukan oleh penulis.
 Dalam hal ini penulis melakukan tanya jawab dengan salah satu pegawai yang bekerja di Politeknik   Sekayu pada bagian yang terkait sehingga diharapkan dapat memberikan solusi terbaik dalam
 pembangunan aplikasi ini.

Pengertian Evaluasi 
Evaluasi adalah kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadaan suatu objek dengan menggunakan instrumen dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur tertentu untuk memperoleh kesimpulan (Junaidi, 2012). Evaluasi adalah proses penilaian yang sistematis mencakup pemberian nilai, atribut, apresiasi dan pengenalan permasalahan serta pemberian solusi-solusi atas permasalahan yang ditemukan (Wirawan, 2012).

Pengertian Kuesioner 
Kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan komunikasi dengan sumber data (Danang, 2012).

Pengertian Bot Telegram
Telegram Bot Application Programming Interface (API) adalah sebuah teknologi open source yang disediakan oleh Telegram untuk membangun aplikasi bot Telegram bagi para pengembang. Bot API ini merupakan interface berbasis HTTP untuk menghubungkan bot yang dikembangkan oleh para pengembang dengan sistem Telegram (Telegram Bot API, https://core.telegram.org/bots/api, diakses pada 13 Maret 2017).

Bot Telegram merupakan sebuah akun khusus yang tidak memerlukan nomer telepon. Akun ini berfungsi sebagai interface untuk menjalakan code yang sudah dibangun. Untuk keamanan data, server perantara pada Telegram akan menangani semua enkripsi dan komunikasi dengan Bot API. Sehingga para
pengembang tidak perlu mengetahui bagaimana protokol enkripsi MTProto pada server Telegram bekerja.

Pengertian Polling 
Polling adalah salah satu cara yang digunakan untuk melakukan request secara terus menerus antara client dan server dalam periode waktu tertentu diimplementasikan menggunakan Asynchronous Javascript and XML (AJAX) (Hatta, 2013). AJAX merupakan suatu bentuk komunikasi sekunder antara client dengan server dengan memanfaatkan XML HTTP object yang dijalankan oleh javascript. Komunikasi AJAX dilakukan dengan cara mengirimkan HTTP request yang berjalan pada background program sehingga tidak mengganggu interface yang terdapat pada client. Pertukaran data antara client dan server dapat selalu berlangsung dengan polling.
Analisis Sistem Berjalan 
Program Studi pada Politeknik Seksyu melakukan kajian tentang proses pembelajaran melalui kuesioner evaluasi belajar mengajar kepada mahasiswa. Pengisian kuesioner dilakukan secara manual, yaitu pada saat ujian akhir semester petugas akademik akan memberikan kertas kuesioner kepada mahasiswa.
Berikut ini adalah prosedur pengisian kuesioner yang sedang berjalan adalah sebagai berikut:
1. Petugas akademik mencetak lembar kuesioner.
2. Pada saat ujian akhir semester petugas akademik membagikan lembar kuesioner kepada       
    mahasiswa sebelum ujian semester
3. Mahasiswa menulis nama dosen dan mata kuliah pada lembar kuesioner.
4. Mahasiswa mengisi kuesioner.
5. Mahasiswa menyerahkan lembar kuesioner kepada petugas akademik.
6. Petugas akademik mengelompokan kuesioner berdasarkan nama dosen dan mata kuliah.
7. Petugas akademik melakukan perhitungan hasil kuesioner secara manual.
8. Petugas akademik membuat laporan hasil kuesioner.

Analisis Kelemahan Sistem Berjalan 
Berdasarkan penjelasan tentang analisis sistem berjalan, maka dapat disimpulkan beberapa kelemahan sebagai berikut:
1. Pengisian kuesioner yang kurang efektif dan efisien karena masih menggunakan cara manual, yaitu dengan kertas kuesioner.
2. Kesulitan dalam merekap data kuesioner karena belum terkomputerisasi.
3. Kesulitan dalam melakukan perhitungan hasil kuesioner.
4. Lamanya waktu yang digunakan dalam membuat laporan kuesioner.

Analisis Kebutuhan Sistem 
1. Kebutuhan Perangkat Keras (Hardware)

2. Kebutuhan Perangkat Lunak (Software)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar