Minggu, 08 Desember 2019

Mengenal Intent pada Android Studio

Intent adalah sebuah kelas dalam programming Android yang berfungsi untuk perpindahan halaman.
Intent juga merupakan suatu objek yang terdapat dalam suatu activity dimana objek tersebut dapat komunikasi dengan activity yang lain, baik activity pada fungsi internal android misal seperti memanggil activity dalam satu package atau beda package yang masih berada dalam satu project.
Intent merupakan objek tipe android.content.Intent. Melalui metode startActivity() yang digunakan untuk memulai sebuah activity lain.

Cara Menggunakan Intent
Intent dibagi menjadi 2, yaitu :

  • Explicit Intent berfungsi untuk mengaktifkan komponen-komponen dalam satu aplikasi yang sama. Misalnya seperti : Berpindah Activity.
  • Implicit Intent berfungsi untuk memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti Dial Number, Open Browser dan lainnya.

Cara Menggunakan Intent

Fungsi Intent :

  • Untuk berpindah halaman dari satu Activity ke Activity lain. Contohnya : Kita membuat aplikasi dengan 3 Activity. Activity utama berisi tombol informasi dan login. Ketika tombol informasi di klik akan tampil activity informasi begitupun dengan tombol login ketika di klik akan menampilkan activity login.
  • Untuk transfer data dari satu Activity ke Activity lain. Contohnya : Pada saat kita mengisi data pada Activity login maka nanti akan ditampilkan informasinya pada Activity infomasi user.
  • Untuk memanggil activity pada internal android seperti Melakukan Dial Number, Open Email ataupun lainnya.

sumber : https://badoystudio.com/belajar-android-untuk-pemula/cara-menggunakan-intent/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar