Minggu, 08 Desember 2019

Pengertian Aplikasi Mobile dan Jenis-Jenis Aplikasi Mobile !

Aplikasi mobile merupakan salah satu hasil dari perkembangan teknologi di dunia. Aplikasi yang dulunya hanya untuk perangkat komputer, sekarang ini sudah ada aplikasi untuk perangkat genggam seperti PDA atau telepon selular. Aplikasi mobile sangat mudah untuk didapatkan melalui Play Store dari berbagai platform (iOS, Android, BlackBerry, atau Windows Phone).
Sejumlah orang sering kali memiliki pandangan yang salah terkait aplikasi mobile. Beberapa di antaranya ada:

  • Pengembangan mobile application lebih mudah
Banyak pihak yang merasa bahwa pengembangan aplikasi mobile lebih mudah, akan tetapi kenyataannya adalah sebaliknya. Aplikasi mobile juga memiliki sejumlah hal kompleks yang membuat proses pengembangannya menjadi lebih rumit.
  • Pengembangan aplikasi mobile lebih cepat
Selain dianggap lebih mudah oleh berbagai pihak, pengembangan aplikasi mobile juga sering kali dianggap lebih cepat. Faktanya, pengembangan aplikasi mobile tidak lebih lambat atau lebih cepat, semua itu bergantung pada tingkat kompleksitas dari aplikasi itu sendiri.
  • Pengembangan aplikasi mobile lebih murah
Pengembangan aplikasi mobile dan perangkat yang baik tidak harus murah. Perangkat mobile itu sendiri tidak murah jika Anda membandingkannya dengan biaya Pocket PC atau Tablet PC yang terhubung dengan komputer desktop. Pada saat Anda selesai membeli Pocket PC dan semua aksesorisnya, mungkin akan sama mahalnya dengan desktop (dan mungkin lebih mahal).

Faktanya, teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Jadi, sebelum Anda membuat aplikasi mobile, pastikan aplikasi tersebut sudah memenuhi beberapa hal berikut ini:
  • Meningkatkan kualitas hidup manusia
Dengan diciptakannya aplikasi dalam bentuk mobile, maka kiranya aplikasi tersebut dapat lebih mempermudah manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Misalnya para pengguna hanya perlu menggunakan satu (1) aplikasi saja untuk mengorder transportasi umum (efisien).
  • Meningkatkan komunikasi
Aplikasi mobile dapat digunakan sebagai saluran untuk berbagi informasi terkait pekerjaan atau yang lainnya. Dengan demikian, maka para penggunanya akan merasa dimudahkan.
  • Meningkatkan proses bisnis yang sudah ada
Dalam pekerjaan, adanya aplikasi mobile dapat meningkatkan proses bisnis yang sudah ada. Contoh kecil dapat kita lihat dari penggunaan aplikasi instant messaging, WhatsApp. Banyak dari pekerja yang aktif menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi mobile untuk mendukung dalam hal komunikasi.
  • Meningkatkan customer satisfaction
Aplikasi mobile yang ideal adalah yang user-friendly, terutama bagi para pelanggan. User experience menjadi salah satu hal yang sangat penting yang kemudian berhubungan dengan customer satisfaction. Saat pelanggan merasa dilayani dengan baik melalui aplikasi mobile, maka customer satisfaction pun akan meningkat. Dengan memiliki customer satisfaction yang baik, hal ini secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan dari perusahaan Anda.

Inilah Jenis – jenis Aplikasi Mobile Popular Saat Ini 
menyajikan tentang jenis-jenis aplikasi mobile, baik pada platform android maupun pada platform iOS, dan hal ini juga berlaku untuk berbagai macam platform yang lainnya. Nah langsung saja berikut ini jenis- jenis aplikasi mobile :
1. Aplikasi Native
    Aplikasi ini di buat dan ditanam (install) langsung didalam device/Gadget kita, baik untuk platform aplikasi mobile android ataupun aplikasi mobile iOS, aplikasi mobile ini menggunakan bahasa pemrograman yang selayaknya digunakan untuk membuat aplikasi tersebut. Misalnya, untuk membuat aplikasi Android menggunakan Java dan SDK milik Android, aplikasi iOS menggunakan Objective-C dan SDK iOS, demikian juga untuk aplikasi- aplikasi mobile untuk platform lainnya.

2. Aplikasi web
    Aplikasi mobile Dibuat dan dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web, aplikasi mobile jenis web ini dijalankan menggunakan browser yang ada di handphone atau device/Gadget kita, menggunakan bahasa pemrograman html5, php, ataupun ASP beserta dengan beberapa komponen pendukungnya, misalkan database, css, javascript, dll, serta penyimpanan data langsung ke database server.

3. Aplikasi Hybrid
    Aplikasi mobile yang dibuat dan ditanam (install) langsung didalam device, menggunakan bahasa pemrograman website ( HTML5 dan PHP) yang digabung dengan bahasa pemrograman yang selayaknya digunakan utuk membuat aplikasi pada device yang dituju. Maksud dari “menggabung bahasa pemrograman” disini adalah, aplikasi inti dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web, sedangkan untuk beberapa fitur yang tidak bisa dijalankan menggunakan bahasa pemrograman web, akan ditulis dalam bahasa pemrograman yang sesuai dengan device tujuan. Jadi intinya hybrid apps itu menggabungkan aplikasi mobile jenis native dengan aplikasi mobile jenis web dan dibundle menjadi 1 package dan diinstall di device/Gadget kita atau bisa juga langsung diunggah ke toko aplikasi mobile sesuai dengan platfornya. Jadi butuh proses instalasi, beda dengan mobile web yang biasanya tinggal buka browser dan langsung terhubung atau terbuka aplikasi mobile yang dibutuhkan.

4. Games
    Aplikasi game berbasis mobile yang dikembangkan untuk suatu platform tertentu baik yang berbasis android ataupun berbasis iOS, jenis aplikasi game ini bisa berupa aplikasi mobile native, atau dengan menggunakan pemrograman web dengan basis HTML5 dan PHP, atau bisa juga jenis aplikasi mobile hybrid.

Nah itu beberapa jenis aplikasi yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yang sudah era mobile computing ini, bagi pengguna biasa hal itu bisa menjadi sebuah pilihan untuk menggunakan aplikasi mobile jenis apa agar bisa membantu dan menyesuaikan berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Bagi Developer atau pengembang aplikasi mobile hal ini bisa menjadi acuan ataupun referensi dan sekaligus menjadi sebuah pilihan akan membuat atau mengembangkan aplikasi mobile jenis apakah selanjutnya? Hal ini juga tidak terlepas dari riset pengguna, bagaimana pengguna menggunakan dan berinteraksi dengan dunia mobile di era mobile computing saat ini.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar